PENGARUH MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN CIBALONG KABUPATEN GARUT

Penulis

RYAN FIQIH

Pembimbing: Rustandi;Aceng Ulumudin


ABSTRACT:

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut terlihat lemahnya motivasi kerja pegawai pembuat e-KTP kaitannya dengan kinerja pelayanan pembuatan e-KTP sehingga mengakibatkan kurang optimalnya kinerja pelayanan yang dilaksanakan terhadap masyarakat di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan pembuatan e-KTP di Kantor Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Kegunaannya untuk menambah ilmu pengetahuan dibidang ilmu administrasi negara khususnya tentang motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan pembuatan e-KTP. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah survey deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kelapangan yang meliputi observasi, wawancara dan angket.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk Variabel X (Motivasi Kerja) termasuk pada kriteria sangat baik, sedangkan untuk variabel Y (Knerja Pelayanan) termasuk pada kriteria sangat baik juga. Untuk memperoleh nilai koefisien korelasi yang dicari dengan menggunakan Microsoft Excel 2016, maka nilai yang diperoleh adalah adalah rs = 0,4531 thitung sebesar 3,133 dan ttabel sebesar 2,024 maka dari
hasil Perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel = 3,133 > 2,024 yang artinya terdapat pengaruh antara motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan, menyatakan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan pembuatan e-KTP. Besaran pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan yaitu 20,52%, hal ini menunjukan bahwa masih ada faktor lain selain motivasi kerja pegawai yang mempengaruhi kinerja pelayanan pembuatan e-KTP yaitu sebesar 79,48% seperti kinerja pegawai, budaya kerja pegawai, pengawasan, manajemen sumber daya manusia, dan disiplin kerja pegawai.

Kata kunci
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
No. Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
Lokasi Garut
File

[2401213181]ABSTRAK.pdf

[2401213181]DAFTAR PUSTAKA.pdf

[2401213181]Kesimpulan & Saran.pdf

[2401213181]PENDAHULUAN.pdf

[2401213181]DAFTAR ISI.pdf

[2401213181]Cover.pdf

>>Kembali...