PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PAJAK DAERAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENCAPAIAN TARGET PAJAK RESTORAN DI BIDANG PENAGIHAN PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH (

Penulis

Agnes Shofia Sharif

Pembimbing: Ikeu Kania;Pupung Pundenswari


ABSTRACT:

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena pencapaian target pajak restoran belum efektif dikarenakan belum optimalnya implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pajak Daerah dibidang penagihan pada Badan Pendaptan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Garut.Konsep implementasi kebijakan yang dilakukan agar dapat terlaksana dengan baik menurut van meter dan van horn (dalam Agustino, 2014:142-144)melalui beberapa hal diantaranya :ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan (disposition) para pelaksana, komunikasi, dan lingkungan sosial,ekonomi dan politik. Sedangkan konsep efektivitas pencapaian target menggunakan dari duncan (dalam Sedamaryanti,2013;53)efektivitas pencapaian target yaitu kedalam :pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi.
Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh implementasi kebijakan terhadap efektivitas pencapaian target diBidangb Penagihan pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Garut. Kegunaannya untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang ilmu Adminitrasi Negara khususnya tentang implementasi kebijakan terhadap efektivitas pencapaian target. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penulis mengambil lokasi penelitian di Bidang Penagihan Pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Garut, melibatkan pegawai di Bidang Penagihan Pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Garut dengan jumlah sampel sebanyak 38 responden,dengan menggunakan teknik pengambilan sampel teknik jenuh (sensus). Dari hasil analisis data menyatakan bahwa tanggapan responden terhadap pelaksanaan implementasi kebijakan rata-rata memilih alternative jawaban kriteria baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel efektivitas pencapaian target rata-rata memilih alternative jawaban kriteriabaik. Hasil pengolahan data dengan analisis kuantitatif, koefisien korelasi spearman sebesar 0,44753, t-hitung sebesar 3,00268 serta t-tabel sebesar 2,02809. Maka hipotesis yang diajukan diterima, atau terdapat pengaruh imlementasi kebijakanperaturan daerah nomor 1 tahun 2016 tentang pajak daerah terhadap efektivitas pencapaian targetpajak restora di Bidang Penagihan padaBadan Pendapatan Daerah (BAPENDA)Kabupaten Garut, Karena t-hitung > t-tabel. Dengan koefisien determinasi (besar pengaruh) sebesar 20,03s%.

Kata kunci
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
No. Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
Lokasi Garut
File

[2401213043]ABSTRAK.pdf

[2401213043]DAFTAR PUSTAKA.pdf

[2401213043]BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf

[2401213043]pendahuluan.pdf

[2401213043]DAFTAR ISI.pdf

[2401213043]1. Cover.pdf

>>Kembali...